Posted by : Unknown Minggu, 23 Juli 2017

Pengertian jaringan 

Jaringan komputer adalah sekumpulan computer yang terhubung satu sama lain baik lewat kabel jaringan maupun medium udara/gelombang radio serta didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).

Macam macam jaringan

1. Berdasarkan geografis atau skala.
Berdasarkan hal ini jaringan komputer terbagi menjadi LAN, MAN, dan WAN.
-LAN (Local Area Network)1. Berdasarkan geografis atau skala.
Berdasarkan hal ini jaringan komputer terbagi menjadi LAN, MAN, dan WAN.
*LAN (Local Area Network)
  local area network adalah suatu jaringan milik pribadi yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak kurang lebih 10 km.
*MAN (Metropolitan Area Network)
  metropolitan area network adalah jaringan dengan area lebih luas daripada LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungankan bersama sama dalam batas batas tertentu, misalnya dalam suatu kawasan satu kota dengan jarak maksimum yg dapat dijangkau adalah 80 km.
*WAN (Wide Area Network)
  wide area network adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area yang sangat luas,misalnya antar pulau, negara, benua. WAN sama dengan internet.
2. Berdasarkan fungsi.
Berdasarkan hal ini jaringan komputer terbagi menjadi Client-server dan Peer-to-peer
*Client-server adalah jaringan komputer yang terdapat satu komputer yang disiapkan menjadi server dari komputer lain yang menjadi client.
*Peer-to-peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.
3. Berdasarkan topologi jaringan.
  Berdasarkan hal ini jaringan komputer terbagi menjadi topologi bus, topologi bintang/star, topologi cincin/token ring, topologi mesh, topologi pohon, topologi linier.
•Topologi bus menyediakan satu saluran untuk komunikasi semua perangkat, sehingga setiap perangkat harus bergantian menggunakan saluran tersebut. Dengan kata lain, hanya ada dua perangkat yang dapat berkomunikasi dalam suatu saat. Artinya, hanya satu komputer yang dapat mengirimkan data ke dalam jaringan hingga diterima oleh komputer yang dituju.
•Topologi bintang, dalam topologi ini ada kontrol terpusat yang disebut hub atau switch. Hub dan switch akan meneruskan data yang dikirim suatu komputer sehingga sampai di komputer yang dituju. Oleh karena itu, hub dan switch dalam jaringan komputer sering disebut konsentrator.
•Topologi token-ring adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap node mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan juga disebut sebagai loop karena data dikirimkan ke setiap node dan setiap informasi yang diterima akan diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.
•Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).
•Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone.

4. Berdasarkan distribusi sumber informasi atau data.
Berdasarkan hal ini jaringan komputer terbagi menjadi wired network dan Wi-Fi
-Jaringan berkabel (wired network) 
  Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
-Jaringan nirkabel (Wi-fi) 
  Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.
5. Berdasarkan media transmisi data.
Berdasarkan hal ini jaringan komputer terbagi menjadi jaringa terpusat dan jaringan distribusi.
-Jaringan terpusat
  Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
-Jaringan terdistribusi
  Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
Sumber : https://googleweblight.com/?lite_url=https://kalqsmpn4sda139f17.wordpress.com/2013/03/10/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/&ei=o-TvUBeG&lc=id-ID&s=1&m=960&host=www.google.co.id&ts=1500864232&sig=ALNZjWnem6GvBzvxU0f4fQ-CFfQ-n80toQ

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Animasi

Animasi
Bear

- Copyright © Iqbal herniawan - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -